Penipuan dengan Dalih Menyalurkan Tukang Pijat ke Mekah, Pelaku Raup Jutaan Rupiah

KEDUNG – Seorang pria dibekuk di Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara karena dilaporkan menipu dengan modus akan menjadikan korbannya sebagai relawan tukang pijat jamaah haji di Mekah.

Pelaku bernama Agus Widodo (49) ini meraup jutaan rupiah dari para korbannya dengan iming-iming akan diberangkatkan ke Mekah untuk menjadi relawan pijat haji Indonesia.

Agus Widodo, yang tercatat sebagai warga Kramat Kecamatan Kedung, harus meringkuk di tahanan karena menipu 50 korbannya.

Kapolres Jepara AKBP Adhi Nugroho mengatakan, Agus mengaku mengiming-imingi korbannya untuk dapat pergi ke Mekah dengan syarat harus menyerahkan sejumlah uang. Nominalnya bermacam-macam mulai dari delapan juta hingga belasan juta.

Penangkapan berawal dari informasi masyarakat, tersangka menawarkan kepada korbannya bisa berangkat ke Mekah sebagai relawan pijat, dengan membayarkan sejumlah uang kepada tersangka.

“Akan tetapi setelah massa pemberangkatan jamaah haji dan memasuki masa pemulangan jamaah haji, para korban tak kunjung juga diberangkatkan dan uang yang disetor amblas”, ungkap Kapolres.

Pelaku kini dijerat dengan Pasal 378 KUHP dan pelaku 378 jo 56 KUHP tentang penipuan. Ia kini menghadapi ancaman pidana penjara paling lama empat tahun.[]

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.