Aksi Long March Santri Jepara Peringati HSN 2017

JEPARA – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jepara ikut memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada 22 Oktober 2017 esok hari.

Peringatan dengan berbagai kegiatan, diantara adalah long march atau jalan kaki dengan membawa Bendera Merah Putih dan panji-panji Nahdlatul Ulama. Aksi itu telah dimulai Jumat Pagi,(20/10) dengan dua kontingen dari sisi utara dan selatan Jepara yang nantinya bertemu di Kota Jepara pada Minggu (22/10) pagi.

Hisyam Zamroni Wakil Ketua PCNU Jepara mengatakan, dua kontingen tersebut diisi oleh santri-santri dari wilayah sekitar. Untuk pembawa bendera dan panji-panji berjumlah 36 orang dan diikuti oleh santri lain yang mencapai ratusan.

Baca juga:  Ribuan Jamaah Nahdliyyin Hadiri Ziarah Akbar

Pada pelaksanaanya, aksi long march akan memakai prosedur estafet. Hisyam mencontohkan, ketika rombongan dari Donorojo telah sampai di Keling, akan diserahkan pada kontingen pembawa dari kecamatan tersebut, begitu seterusnya.

“Rombongan dari Utara berangkat dari Gedung MWC Donorojo. Selanjutnya diinapkan di Batealit. Sementara dari penjuru Timur-Selatan, berangkat dari Kecamatan Nalumsari dan diinapkan di Mantingan. Keduanya akan bertemu di area Kali Kanal pada Minggu pagi dan dibawa ke Alun-alun Jepara untuk dilaksanakan upacara hari santri,” tambahnya.

Menurutnya, aksi jalan kaki yang menempuh lebih kurang 40 kilometer itu dilaksanakan untuk mengenang kembali Resolusi Jihad yang pernah didengungkan oleh Kyai Haji Hasyim Asy’ari. Resolusi jihad sendiri merupakan seruan agar para santri ikut berjuang mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.[]

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.