KPU Jateng Sosialisasi Tahapan Dan Persyaratan Calon Perseorangan Pilgub

JEPARA – KPU Jawa Tengah melakukan sosialisasi tahapan dan persyaratan calon perseorangan Pilgub Jateng di kantor KPU Jepara, Rabu (18/10). Dalam acara tersebut dihadiri langsung oleh Komisioner KPU Jateng Muslim Aisha.

Dalam sosialisasi ini, kata Muslim, dijelaskan secara rinci teknis pencalonan dari jalur perseorangan. Untuk bisa maju melalui jalur perseorangan, minimal harus menyerahkan dukungan sebanyak 1.781.000 atau sekitar 6,5 persen dari jumlah pemilih di pemilu terakhir.

“Selain itu, persebarannya juga minimal harus di 18 kabupaten/kota atau lebih dari 50 persen kabupaten/kota di Jateng,” jelasnya.

Baca juga:  Bawaslu Jateng Akan Terus Lakukan Edukasi Terkait Politik Uang

Untuk maju di jalur independen, lanjut Muslim, tidak ada persyaratan yang berubah dibandingkan dengan pemilu-pemilu sebelumnya. Hanya saja ada syarat bagi calon tidak pernah melakukan kejahatan seksual terhadap anak dan tidak pernah menjadi bandar narkoba.

“Syarat yang cukup baru yakni tidak pernah sebagai bandar narkoba dan tidak melakukan tindak pidana kekerasan seks terhadap anak,” ungkapnya.

Komisioner KPU Jawa Tengah, Muslim Aisha, saat memberikan keterangan kepada awak media.

Lebih lanjut Muslim berharap ruang yang telah diberikan oleh KPU ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang berminat mencalonkan diri melalui jalur perseorangan di Pilgub ini. Sebab, calon Pilgub sekarang juga banyak difasilitasi oleh KPU seperti dalam kampanye. Sehingga calon yang tidak memiliki modal finansial yang banyak juga tetap bisa berkompetisi.[]

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.