Nelayan Jepara Dapat 258 Paket Alat Tangkap Ikan Ramah Lingkungan

JEPARA – Nelayan di Kabupaten Jepara mendapatkan bantuan berupa 258 paket alat tangkap ikan ramah lingkungan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan melalui Direktorat Jendral Perikanan Tangkap (DJPT). Pemberian bantuan ini dilakukan di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara, Senin kemarin (16/10).

Pemberian bantuan itu dilakukan oleh Staf Ahli Menteri Kelautan Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga, Suseno Sukoyono, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan didampingi Bupati Jepara Ahmad Marzuqi.

“Bantuan ini merupakan program prioritas guna meningkatkan kualitas dan kesejahteraan nelayan, khususnya nelayan Jepara,” ungkap Staf Ahli Menteri Kelautan Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga, Suseno Sukoyono.

Baca juga:  Dana Desa Harus Mampu Menggairahkan Ekonomi Daerah

Ada sembilan jenis alat tangkap ikan ramah lingkungan, diantaranya jaring insang, tammel net, bubu lipat ikan, bubu rajungan, rawai dasar, dan pancing ulur. Alat tersebut dikatakannya tidak merusak ekosistem laut.

“Hal ini merupakan upaya untuk memberantas illegal fishing dan kedaulatan yang berkelanjutan,” tambahnya.

Sementara Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Prabowo menyampaikan bahwa pihaknya tentu saja sangat mendukung program dari Kementerian tersebut.

“Namun, hal itu harus didukung dengan kebijakan yang lain. Artinya, bantuan alat tersebut dilakukan dengan cepat. Tidak bisa aturan itu ditegakkan kalau nelayan belum punya alat yang dimaksud,” paparnya.[]

Artikel Terkait Lainnya