Panwascam Dilibatkan Lakukan Pemetaan Potensi Pelanggaran Setiap Tahapan Pemilu

JEPARA – Jajaran Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Se-Kabupaten Jepara dilibatkan dalam melakukan pemetaan potensi pelanggaran setiap tahapan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018 serta Pemilu 2019.

“Pelibatan jajaran pengawas tingkat kecamatan dalam menyusun peta potensi pelanggaran ini lantaran yang mengetahui dan mengalami langsung di lapangan,” ungkap Ketua Panwaskab Jepara Arifin saat acara pertemuan bersama Panwascam di RM Maribu, Rabu (15/11/2017).

Arifin melanjutkan, peta potensi pelanggaran ini dibuat untuk setiap tahapan penyelenggaraan mulai dari rekruitmen penyelenggara seperti PPK hingga tahapan penetapan calon terpilih.

Baca juga:  Panwaslu Kabupaten Jepara Gelar Rakernis Panwascam

Pemetaan yang dilakukan sejak dini ini agar Panwascam memiliki bekal yang cukup dalam melakukan pengawasan tiap tahapan.

“Potensi pelanggaran ini, akan dibuat menjadi semacam modul yang bisa memudahkan dalam membaca dan memahami. Kedepan peta potensi pelanggaran ini juga akan dilengkapi dengan cara-cara pencegahan yang bisa ditempuh untuk setiap potensi yang ada,” kata Arifin.

Lebih lanjut Arifin mengungkapkan, peta potensi pelanggaran yang sudah terklasifikasi sesuai tahapan ini nanti akan dikirim ke Bawaslu Propinsi.

Penyusunan peta potensi pelanggaran ini harapannya menjadikan Jepara sebagai model atau contoh pengawasan yang efektif.[]

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.