Deklarasi Anti Narkoba 20 Ribu Pelajar Jepara Pecahkan Rekor Muri

JEPARA – Sebanyak 20.000 lebih pelajar tingkat SMP/MTs, SMA/SMK, dan Santri, menegaskan komitmennya memerangi narkoba pada acara deklarasi Anti Narkoba yang digelar Rabu (24/01/2018) di Stadion Gelora Bumi Kartini Jepara.

Mereka pun tampak antusias mengikuti rangkaian acara. Puncaknya dengan mengucapkan ikrar janji anti narkoba bersama sebagai komitmen anti narkoba.

Deklarasi diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Jepara, dilanjutkan penyampaian laporan panitia.

Kapolres Jepara, AKBP Yudianto Adhi Nugroho mengatakan, bahwa deklarasi ini dilakukan setelah ada MoU antara Polres dan Disdikpora Kabupaten Jepara berkait muatan kurikulum pembelajaran antinarkoba.

“Hari ini ada 20 ribu lebih pelajar berkumpul di sini untuk mengikuti kegiatan deklarasi anti narkoba. Ini sesuai MoU yang telah disepekati bersama antara Polres dan Disdikpora,” ujarnya.

Baca juga:  Operasi Jaran Candi 2017 Polres Jepara Amankan 11 Pencuri Motor

Dirinya mengungkapkan hal Ini sebagai bentuk keseriusan Polri dalam memerangi penyalahgunaan narkoba. Sehingga pelajar yang menjadi generasi penerus harus dibentengi. Dalam hal ini melalui kurikulum pembelajaran.

Sementara itu, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi berharap, para generasi muda di Kabupaten Jepara mampu meraih prestasi tinggi tanpa narkoba, pada masa sekarang dan yang akan datang. Karena dengan narkoba banyak kerugian yang ditimbulkan ketimbang dari segi manfaat.

Marzuqi meyakini narkoba tidak mampu membuat orang berprestasi dan malah akan merusak fisik dan otak para penggunanya.

“Jangka panjang merusak tubuh dan merasa was-was akan ditangkap pihak berwajib. Narkoba haram dan dilarang,” ungkapnya.

Deklrasi inipun dicantumkan di Rekor Muri Indonesia sebagai deklarasi Anti Narkoba dengan peserta terbanyak.

Baca juga:  Pelajar dan Mahasiswa Jepara Dihimbau Sisihkan Uang Saku untuk Kaum Dhuafa

Piagam diserahkan langsung oleh Manajer MURI Sri Widayati mewakili Ketua Umum Jaya Suprana kepada Bupati Jepara Ahmad Marzuqi.

Sri Widayati Manajer MURI mengatakan, rekor yang kali ini ditorehkan oleh pelajar Jepara menumbangkan rekor sebelumnya, yaitu penulisan komitmen anti narkoba yang diselenggarakan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok diatas kain sepanjang 1.941 meter oleh 17 ribu pelajar.

“Penghargaan ini dianugerahkan oleh MURI kepada penyelenggara yaitu Polres Jepara dan Disdikpora (Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga) Kabupaten Jepara. Ini tercatat di MURI sebagai rekor ke-8.312,” kata Sri.

Surat pernyataan komitmen antinarkoba oleh pelajar, katanya, akan diabadikan MURI sebagai bukti otentik atas torehan rekor.[]

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.