Jual Jamu Oplos Alkohol, Warga Welahan Ini Diamankan Polisi

WELAHAN – Satuan Narkoba Polres Jepara berhasil mengamankan lima jerigen alkohol (masing-masing 20 liter) dan satu jamu jenis ginseng berikut alat-alat peraciknya dari rumah Haji Suwarno (49) warga RT 05 RW 01 Desa Kendengsidialit, Kecamatan Welahan Rabu (11/4/2018) sore.

Kapolres Jepara AKBP Yudianto Adi Nugroho mengatakan, pengamanan tersebut dilakukan lantaran saat ini sedang marak kasus minuman oplosan yang merenggut nyawa seperti halnya di Jawa Barat.

“Dampak dari minuman keras, terutama yang dioplos ini sangat fatal, kerapkali tawuran dari penonton pertunjukan musik berkelahi diawali minum-minuman keras, bahkan sampai menimbulkan korban jiwa,” ujarnya.

Baca juga:  Razia Hiburan Malam Jelang Natal Tahun Baru, Ditemukan Dua Pengguna Narkoba

Adi Nugroho menceritakan, yang bersangkutan tak memiliki dasar pengetahuan saat mengoplos minuman, yang bersangkutan diketahui asal dalam mencampur alkohol dengan bubuk jamu.

Sementara pengakuan tersangka, dirinya mengoplos alkohol dengan bubuk jamu itu sudah berlangsung selama tiga tahun. Tersangka mengaku mendapatkan alkohol dari sebuah toko di Semarang.

Untuk satu jerigen alkohol dibelinya seharga Rp 800 ribu dengan kandungan alkoholnya 60 persen.

Barang bukti kini diamankan di Mapolres Jepara serta tersangka ditengarai melanggar pasal 204 KUHP juncto pasal 142 UU RI No 18 tahun 2012 tentang pangan.[]

Artikel Terkait Lainnya