Meriahnya Kirab Seribu Ingkung Ayam di Desa Kendengsidialit Welahan

WELAHAN – Sebagai wujud rasa syukur atas hasil panen tahun ini, warga masyarakat Desa Kendengsidialit Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara menggelar Kirab Seribu Ingkung Ayam dan Gelar Budaya pada Kamis (20/9/2018).

Acara yang digelar di area persawahan desa setempat itu dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan ribuan masyarakat.

Dalam pidatonya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku senang bisa menjadi salah satu saksi bagi warga yang tengah mensyukuri nikmat. Menurutnya, desa Kendengsidialit ini istimewa, dalam satu tahun bisa tiga kali masa panen. Kesuksesan sektor pertanian di Kendengsidialit tersebut tidak terlepas dari upaya masyarakat untuk mengembangkan dan menjaga sistem irigasi yang baik.

Baca juga:  Sambut Piala Dunia 2014 dengan Sepak Bola Api

“Kami berharap dengan kearifan ini, masyarakat tetap menjalani hidup dengan sahaja,” ungkapnya.

Diantara prosesi Kirab Seribu Ingkung di Desa Kendengsidialit
Prosesi kirab seribu ingkung ayam di desa Kendengsidialit Kec. Welahan Jepara

Dalam gelar budaya desa Kendengsidialit tersebut, terdapat beragam rangkaian acara, mulai dari napak tilas makam dan situs desa, sowan (berkunjung) sesepuh desa, kirab seribu ingkung, dan hingga pasar rakyat.

Selain karangtaruna dan para seniman, acara tersebut juga disengkuyung petani dan ibu-ibu perkumpulan yasinan. Pelibatan seluruh kelompok masyarakat tersebut tidak terlepas dari impian warga yang ingin membentuk Kendengsidialit sebagai desa wisata.[]

Artikel Terkait Lainnya