Sedekah Bumi Desa Kaliaman, 27 Gunungan Hasil Bumi Diarak Keliling Desa

KEMBANG – Warga Desa Kaliaman, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, menggelar tradisi sedekah bumi (Senin 3/9/2018). Mereka melakukan kirab gunungan yang berisi hasil bumi sebagai tanda syukur atas melimpahnya habis panen.

Ribuan warga turut berpartisipasi ikut mengarak 27 gunungan yang terbuat dari hasil bumi desa setempat. Gunungan itu diarak mulai dari balai desa mengitari seluruh pelosok desa dan kembali ke balai desa selanjutnya untuk diperebutkan (dibagikan) warga.

Carik Desa Kaliaman, Yono, menuturkan tradisi kirab gunungan sudah berlangsung bertahun-tahun. Namun, tiap tahun mengalami perkembangan sesuai kondisi dan situasi masyarakat sekarang.

Baca juga:  Ribuan Masyarakat Saksikan Pesta Baratan Jepara 2014

Saat ini, pelaksanaan tradisi ini selain melestarikan budaya lokal, juga dimanfaatkan untuk membekali masyarakat supaya cinta terhadap tanah air. “Tahun ini kami ingin mengajak masyarakat untuk mencintai tanah air, melalui kegiatan seperti ini,” papar dia.

Ngatno (37), warga setempat mengaku kirab gunungan tahun ini lebih meriah ketimbang sebelumnya. “Banyak warga yang ikut dan lebih tertata. Semoga kedepan lebih baik lagi,” ungkapnya.[]

Artikel Terkait Lainnya