Radio Aslinya Jepara

Gelar Pahlawan Nasional Untuk Ratu Kalinyamat Dianggap Bisa Menjadi Semangat Untuk Bangsa

Semarang – Masyarakat berharap, Ratu Kalinyamat bisa segera mendapatkan gelar Pahlawan Nasional, dan nantinya bisa menjadi semangat bagi bangsa Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Pengamat Pertahanan Militer, Connie Rahakundini Bakrie pada acara seminar ‘Menghidupkan Kembali Gagasan Menjadikan Kalinyamat Sebagai Pahlawan Nasional’ di Hotel Aston Inn, Semarang, Selasa (26/03/2019).

Connie juga mengungkapkan, Ratu Kalinyamat merupakan panglima perang asal Jepara yang berani melawan penjajah Indonesia dari Portugis. Ratu Kalinyamat memiliki kejayaan pada abad ke 15, yaitu Jepara menjadi sumber kekuatan galangan, pertahanan dan perdagangan terbesar di Asia Tenggara.

“Menurut saya, pertama, tentang serangannya ke Portugis dengan membuat aliansi, dia memiliki kekuatan ekonomi, politik, militer yang kuat. Dia melampaui kekuatan di jamannya,” terangya.

Ia mengungkapkan, waktu itu, Ratu Kalinyamat bisa membangun kekuatan sebesar itu, karena aliansinya dengan kerajaan-kerajaan yang ada di Nusantara.

“Saat ini tidak mungkin, menyiapkan peperangan dengan 40 kapal dalam dua minggu. Kalinyamat sangat konsen ke perdagangan, ancaman portugis sangat terganggu, karena banyak hal yang dilakukan Ratu Kalinyamat,” ujarnya.

Ia berharap, Ratu Kalinyamat bisa segera mendapatkan gelar Pahlawan Nasional, dan nantinya bisa menjadi semangat untuk bangsa Indonesia.[]

Comments
Loading...