Jaga Kondusivitas Jelang Ramadhan, Polres Jepara Gerebeg Gudang Ciu

JEPARA – Upaya cipta kondisi jelang bulan Ramadhan, Satuan Reserse Kriminal dan Satuan Reserse Narkoba Polres Jepara melakukan penggerebekan pada gudang penyimpan minuman keras jenis ciu di kawasan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ujung Batu.

Pada operasi yang dilaksanakan Senin (29/4/2019) pagi itu, sebanyak 700 liter miras berhasil diamankan.

Kapolres Jepara AKBP Arif Budiman mengatakan, penggerebekan itu merupakan upaya cipta kondisi jelang bulan Ramadhan. Lebih lanjut, pengungkapan ini juga berpotensi menyelamatkan warga dari penyalahgunaan minuman keras.

Baca juga:  Tidak Kapok Jual Miras, Warga Desa Srobyong Ini Diancam Penjara 15 Tahun

“Sebanyak 700 liter ini kalau kita pakai estimasi, kalau seliter dapat memabukkan 10 orang, maka pengungkapan ini mampu mengeliminir faktor kebutuhan sejumlah 7000 masyarakat, yang dimungkinkan bisa mengkonsumsi ini,” urainya.

Ia juga berharap, pengungkapan ini dapat menjaga situasi dan kondisi saat bulan Ramadhan datang.

“Kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk menyetop peredaran alkohol. Untuk mencegah faktor demand (permintaan) dari masyarakat. Artinya upaya penegakan hukum untuk memangkas suplainya, namun juga perlu upaya untuk menghentikan permintaannya,” ujar Arif.

Baca juga:  Cipta Kondisi Jelang Ramadhan Polres Jepara Tangkap Pasangan Tak Resmi

Sementara itu, Purwanti pemilik barang haram itu menyebut, ia memeroleh pasokan ciu dari Grobogan dan Solo. Untuk setiap botol, berisi 1,5 liter ciu yang ia oplos dengan air, dirinya menjualnya dengan harga Rp 20 ribu.

“Saya bukan bos besar sih, jadi ya untuk dapat pasokan kadang lama. Kadang sebulan baru dapat 10 jerigen berisi ciu,” ungkapnya.[]

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.