Peringati HUT Jepara dan Hari Kartini, Desa Bantrung Adakan Lomba Mancing Berkebaya

Batealit – Kegiatan memancing selama ini lebih banyak dilakukan oleh kalangan pria, akan tetapi pemandangan menarik terjadi saat melihat puluhan ibu-ibu berdiri di pinggir Kali (sungai) Tambak Ronggos Desa Bantrung Kecamatan Batealit Jepara, mereka berlomba untuk memancing ikan lele.

Ya, ibu-ibu yang merupakan perwakilan tiap RT di desa Bantrung tersebut, pada Jumat (19/04/2019), sedang mengikuti lomba dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Jepara ke-470 dan Hari lahir RA Kartini ke 140 tahun 2019.

Uniknya, para peserta disini diwajibkan untuk mengenakan kebaya saat mengikuti lomba memancing tersebut.

Baca juga:  Mahasiswa Madura Asal Jepara Peringati Hari Kartini

Setelah dilepas oleh Kepala Desa Bantrung Muh Zuhri, kegiatan lomba memancing ikan lele dengan peserta perempuan dan umum itu memperebutkan hadiah berupa satu ekor kambing dan hadiah menarik lainnya.

Ketua Panitia Kegiatan, Ahmad Ikhsan mengatakan, kegiatan tersebut diperuntukkan untuk masyarakat umum sekaligus menjadi sarana silaturahmi bagi masyarakat luas terutama kaum perempuan.

Lomba mancing berkebaya di Bantrung Jepara
Ibu-ibu dengan mengenakan kebaya mengikuti lomba memancing ikan lele.

“Ketentuan lomba adalah dibagi masing-masing RT. Kelompok RT mana yang mendapatkan hasil banyak maka ialah pemenangnya, begitu pula dengan peserta umum siapa yang mendapatkan ikan paling besar dialah yang menjadi pemenang,” ujarnya.

Baca juga:  Hotel dan Resto Jepara Beri Discount 20 Persen

Ikhsan menambahkan, adapun untuk umpan yang digunakan peseta diberikan kebebasan memilih, sedangkan peralatan memancing peserta diwajibkan membawa sendiri. “Tiap satu pancing harus menggunakan satu kail,” terangnya.

“Kegiatan ini sekaligus mengajak masyarakat untuk peduli terhadap gerakan kebersihan sungai sekaligus budaya gemar makan ikan,” pungkasnya.[]

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.