Virus Corona Ikut Pengaruhi Ekspor Mebel Jepara

JEPARA – Ekspor produk mebel ke berbagai negara dipastikan merosot menyusul adanya proteksi pemerintah dari virus corona Covid-19 oleh berbagai negara.

Ketua Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Jepara Maskur Zaenuri menyampaikan, dampak virus corona memang sangat dirasakan oleh para pengusaha dan perajin mebel dari berbagai daerah di Indonesia, khusunya Jepara.

Meski belum bisa menyampaikan angka riil ekspor, namun dia memastikan adanya penurunan antara 20-40 persen volume ekspor produk furnitur ini.

Sebagai pengusaha, penurunan itu juga dialaminya. Volume ekspor yang biasanya mencapai 10-11 kontainer per Minggu, sekarang hanya bisa mengirim 6-8 kontainer per Minggu.

Baca juga:  Kapolres Jepara Sosialisasi Pencegahan Corona Ke Sekolah

“Kondisi ini juga dikeluhkan oleh teman-teman pengusaha dan perajin lain,” ungkapnya Kamis (12/03/20).

Penurunan volume ekspor ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah adanya beberapa negara yg menutup kran ekspor dan impor secara total, seperti China dan Italia.

Selain dua negara tersebut, negara-negara lain baik di Asia, Eropa, Amerika, Australia, hingga Afrika sedang memperketat ekspor dan impor produk sebagai upaya proteksi kepada warganya dari virus corona.[]

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.