Cegah Penyebaran COVID-19, Rutan Kelas II B Jepara Bebaskan 58 Narapidana

Jepara – Sebanyak 44 narapidana (napi) dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Jepara, sampai hari ini Jumat (03/04/2020) dibebaskan. Mereka bersujud syukur usai mendapatkan program asimilasi dalam rangka pencegahan COVID-19.

Kepala Rutan Kelas II B Jepara, Heru Yuswanto mengatakan, sampai hari ini pihaknya sudah membebaskan narapidana sebanyak 44 secara bertahap dari total narapidana yang akan bebas adalah sebanyak 58 orang.

Pemberian asimiliasi ini kata dia, adalah sebagai tindak lanjut dari Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 10 Tahun 2020 tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi Bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran COVID-19.

Baca juga:  Jubir GTPP Covid-19 Jepara Klarifikasi dan Ceritakan Tentang Salah Data Pada Update Website

Narapidana yang memperoleh kesempatan asimilasi di rumah ini adalah napi dari kategori kriminal umum yang telah menjalani setidaknya sepertiga dari masa tahanannya.

“Untuk mengasimilasikan dan mengintegrasikan warga binaan yang masa pidananya sebelum 31 Desember sudah melaksanakan 2/3 dari masa tahanannya,” ungkapnya.

Dalam menjalani asimilasi ini pihaknya berharap bahwa mereka yang pulang tetap mematuhi ketentuan yaitu melakukan isolasi secara mandiri, senantiasa di rumah dan tidak diperkenankan keluar dari kampungnya.[]

Lihat video:

Artikel Terkait Lainnya

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.