Radio Aslinya Jepara

Nasabah Bank Jepara Diminta Tidak Panik, Pemkab Bentuk Tim Penyehatan

SEMARANG – Pemerintah Kabupaten Jepara membentuk tim penyehatan PT. BPR Bank Jepara Artha (BJA) (Perseroda). Tim penyehatan ini dibentuk melalui Surat Keputusan Penjabat Bupati Jepara per tanggal 14 Desember 2023.

 

 

Dalam SK Nomor 580.1.2/302 ini, tim penyehatan memiliki masa tugas selama setahun dan dapat diperpanjang. Tim penyehatan BPR Bank Jepara Artha ini diketuai oleh Asisten II Sekda Jepara. Sedangkan pengarahnya Penjabat Bupati dan Sekda Jepara. Wakil Ketua Tim Asisten III Sekda dan Sekretaris Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam. Sementara anggotanya diantaranya terdiri dari pimpinan PT. Bank BPR Jepara Artha, Direktur Utama BPR BKK Jepara, Dirut BPR BKK Kendal, Dirut BPR BKK Blora hingga Ketua DPD Perbamida Jateng dan DIY.

 

 

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta menyampaikan jika pembentukan tim penyehatan ini menindaklanjuti rekomendasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Edy memyampaikan jika berdasarkan SK Kepala OJK Provinsi Jawa Tengah Nomor KEP-9/KO.13/2023 Tanggal 13 Desember 2023, PT. BPR Bank Jepara Artha  telah ditetapkan menjadi bank dalam penyehatan.

 

 

“Tim penyehatan ini akan bertugas merumuskan langkah penyehatan bank Jepara Artha agar kembali sehat,” kata Edy Supriyanta kepada awak media di Gama Candi Resto, Semarang, Minggu (24/12/2023).

 

 

Lebih lanjut orang nomor satu di Jepara itu meminta kepada nasabah Bank Jepara Artha tidak perlu panik dan mengambil simpanannya di bank milik Pemkab Jepara itu.

 

 

“Kami sudah membentuk tim penyehatan sesuai arahan dari OJK. Nasabah tidak perlu panik. Tetap tenang tabungannya tetap aman karena sudah di jamin LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan,” tegas Edy.

 

 

Sebelumnya, sempat terjadi penarikan simpanan secara massal di bank milik pemerintah kabupaten Jepara. Banyak masyarakat mengambil secara bersamaan, hingga antrean penarikan sampai pada akhir Januari. Keberadaan tim penyehatan ini akan menginventarisasi berbagai permasalahan dan mencari solusi sehingga BJA kembali sehat seperti semula.

Comments
Loading...